Selasa, 11 Mei 2010

Daftar Permainan Tradisional Indonesia

1. Lempar tabak atau Jengkek

Spoiler for BUKA:


Dalam bahasa daerah, tabak maksudnya adalah lempar… artinya memainkan sebuah kepingan kayu atau pecahan batu dengan cara melempar dan kemudian menggeserkannya dengan kaki sebelah. Permainan ini juga biasa disebut Jengkek, yang artinya melompat-lompat dan bergeser dengan satu kaki. Permainan ini dapat dilakukan dimana saja, bias di tanah dan bias juga di lantai marmer yang kotak-kotak.

* Pertama-tama dengan membuat garis kotak-kotak sebanyak 8 kotak, yaitu 4 kotak dikiri dan 4 kotak dikanan.
* Jumlah pemain minimal 2 orang dan maksimal 8 orang, setiap pemain harus memiliki satu buah tabak yang bias dari kayu yang lempeng misal kayu dari potongan papan, batu yang agak lempeng, atau pecahan ubin/marmer.
* Semua pemain harus memulai permainannya dari kotak pertama di sebelah kiri, dengan cara melempar tabak miliknya tepat di kotak pertama setelah itu ia harus berjengkek (melompat2 satu kaki) sambil mendorong2 tabak miliknya bergeser ke kotak berikutnya.. kaki pemain juga tidak boleh menginjak garis
* Bila tabak atau kaki pemain menginjak garis maka itu berate ia gagal dan harus mengulang ke posisi sebelumnya dan giliran pemain berikutnya, misal ia mulai dari kotak 1 maka kembali ke kotak 1.
* Pemain harus membawa tabak miliknya sampai kekotak 8 (terakhir) dengan berjengkek, bila berhasil maka ia lanjutkan dengan melempar tabak miliknya kekotak selanjutnya.. misal ia mulai dari kotak 1 lalu berjengkek dan berhasil membawa tabaknya ke kotak terakhir hingga keluar dari semua kotak, maka setelah itu ia mulai lagi dari kotak 2 dengan cara melemparnya
* Pemenangnya adalah pemain yang dapat bermain hingga kotak terakhir (kotak 8)

Jengkek

Spoiler for BUKA:


Permainan jengkek yang lain adalah “Jengkek Bulan”, caranya sama tetapi bentuk kotak2nya yang berbeda… pemenang ditentukan dari siapa yang berhasil sampai di kolom bulan. Berbeda dengan jengkek biasa, jengkek bulan tidak dengan cara menggeser2 tabak tetapi dengan cara melempar tabak ke kolom2 tertentu sesuai tingkatannya.

Bila lemparannya salah maka ia gagal dan dilanjutkan dengan pemain lain. Bila lemparannya berhasil masuk dikotak yang dituju, maka ia harus berjalan satu kaki melewati kotak2 yang ada dan kemudian mengambil dan membawa tabak miliknya sampai ke keluar dari kotak.
Quote:
2. Permainan Asem

Saya tidak tahu mengapa ini dinamakan “Asem” baca pake E kental ya bukan asem yang artinya masam. Permainan ini sebenarnya adalah permainan kejar tangkap. Dimana ada dua tim yang saling berlawanan, satu tim terdiri dari 5 orang yang berjaga di garisnya masing2.

Permainan ini dapat dilakukan di lapangan bulu tangkis, lapangan volley, atau di tanah dengan cara membuat garis kotak persegi panjang yang sangat besar yang terdapat dua garis melintang dan mendatar ditengahnya. Pemain yang menang adalah tim yang semua pemainnya berhasil melewati seluruh penjagaan tim lawan dan sampai di ujung garis terakhir.

Pada zaman dahulu, game ini suka dimainkan oleh ibu2 sebagai perlombaan yang berhadiah dan dilombakan setiap tahunnya didaerah saya.

* Tim penjaga berjaga di garisnya masing2, ada yang berjaga di garis horizontal paling depan, tengah, dan belakang, dan dua orang lagi menjaga garis yang vertical.
* Tim penantang harus melewati setiap kotak2 yang dijaga ketat oleh tim penjaga ini, dan harus berhasil lolos hingga garis paling akhir.
* Jika ada satu pemain yang tertangkap maka semua pemain dinyatakan gagal, dan giliran jaga bagi tim tersebut

Quote:
3. Meriam Bambu

Meriam bambu atau meriam buluh adalah permainan yang tidak asing lagi, permainannya seperti membuat meriam tiruan dari bambu yang berdiameter cukup besar. Seringkali digunakan pada acara tertentu misalnya ketika bulan Ramadhan atau saat2 lainnya. Suara dentuman yang keluar dari meriam inilah yang menjadi keasyikan tersendiri dalam permainan ini. Hal yang cukup melelahkan yaitu meniup asap yang ada didalam bamboo akibat ledakan agar keluar dari bambu.

Spoiler for BUKA:


* Potonglah sebuah bambu yang berdiameter besar (kira-kira 10 -20cm) dengan gergaji, satu ujungnya dalam keadaan terbuka tanpa sekat dan ujung yang satunya lagi tertutup
* Buanglah sekat2 pemisah yang ada didalam bambu dengan menusuk-nusukkannya dengan kayu
* Buatlah lubang kecil di dekat ujung yang bersekat/tidak bolong, buat dengan jarak antara 10 – 15 cm dari pangkalnya sehingga menyerupai meriam
* Letakkan bambu dengan posisi agak miring, dimana ujung penembaknya harus menghadap agak keatas dan pangkal pemicunya tergeletak ditanah
* Isi meriam dengan minyak tanah atau karbit sebagai bahan peledaknya
* Tutup lubang pemicu dan ujung penembaknya dengan kain atau plastic dengan rapat dan biarkan beberapa menit agar gas dari karbit atau minyak tanah dapat berkumpul didalam meriam
* Setelah itu nyalakan api dan nyalakan di lubang pemicunya.. Duarrrr!!!
Quote:
4. Permainan Guli / Kelereng

Spoiler for BUKA:


Kelereng atau guli adalah permainan yang memainkan sebuah bola kecil dari kaca (bekas cat semprot). Guli ditembakkan dengan cara di “tekar” atau di jentikkan dengan jari telunjuk. Posisi untuk menembakkan guli yaitu :

* Jempol dan telunjuk tangan kiri memegang guli dan berfungsi sebagai bidikan atau mengarahkan arah tembakan
* Kelingking tangan kiri menyentuh tanah sebagai sumbu pijakan
* Jempol dan telunjuk tangan kanan dibuat membentuk huruf O, dimana jari telunjuk sebagai penembak dan jempol sebagai penahan/pelatuknya
* Arahkan jari telunjuk yang siap untuk menjentik/menembak ke guli yang akan di tembakkan
* Jentikkan jari telunjuk dengan tenaga yang sesuai dengan posisi guli yang menjadi sasaran, bila letaknya jauh maka harus dijentik dengan keras

Permaianan guli ini yang saya kenal ada 3 macam, dan sayapun nggak tau apa namanya.. cara bermainnya pun sudah lupa2 ingat. Diantaranya yaitu :

1. Permainan dengan banyak guli didalam suatu lingkaran yang bulat di tanah lapang, misinya adalah mengeluarkan guli yang ada didalam tersebut dan guli yang menjadi penembak tidak boleh masuk kedalam lingkaran. Guli yang berhasil dikeluarkan menjadi milik pemain yang menembakkan, yang menang adalah yang paling banyak mengeluarkan guli tersebut.
2. Permainan dengan lubang ditanah, dimana guli penembak harus masuk kedalam lubang tersebut sebagai posisi bidikan. Cara mainnya pertama2 pemain harus melempar guli miliknya masuk kedalam lubang sebelum menembakkan guli musuh2nya
3. Permainan dengan dua huruf Z dan ada garis pembatas di atas dan dibawah huruf Z tersebut, disini ada dua buah huruf Z yang jaraknya berjauhan. Guli sasaran terletak di dua ujung huruf Z tersebut. Pertama-tama semua pemain melemparkan gulinya dan tidak melewati garis batas, pemain yang paling jauh jaraknya dia yang pertama kali menembak. Pemenang ditentukan dari siapa yang bias menembakkan seluruh guli yang ada di ujung huruf Z tersebut.

Quote:
5. Layang-layang atau kelayang

Permainan ini mungkin salah satu permainan yang masih bertahan hingga saat ini, layang-layang dibuat dari bambu yang sudah diraut dan dijadikan seperti lidi sebagai kerangkanya. Membuat layangan memerlukan teknik yang tinggi, tidak semua orang dapat membuat laying-layang. Kesalahan dalam pembuatan akan berakibat layangan menjadi liar dan bahkan tidak bisa terbang.

Spoiler for buka:



* Untuk membuat layangan pertama-tama dibuat dulu kerangkanya yang berbentuk seperti belah ketupat. Kerangka layang-layang dibuat dari dua buah batang bamboo yang sudah diraut tipis dan diikat hingga membentuk seperti huruf “t”. Sudut pertemuan antara dua bambu tersebut harus ditimbang, yaitu harus bisa tegak sejajar bila diletakkan di ujung jari.
* Tali pengait untuk penarik layangan juga memiliki teknik sendiri untuk membuatnya, tali pengait untuk penarik ini diikat pada ujung bagian bawah layangan dan bagian tengah kerangka layangan. Posisi tali penarik ini juga harus ditimbang agar layangan dapat dikendalikan dengan mudah
* Untuk menerbangkan layangan harus pada saat ada angin yang berhembus, bila tidak ada angin maka akan susah untuk menerbangkannya
* Tali layangan harus panjang dan digulung dengan rapi di sebuah kaleng bekas, bisa dengan tali plastik biasa atau dengan gelasan (tali yang telah dilumuri dengan perekat dan pecahan kaca yang ditumbuk halus)
* Untuk menerbangkan layangan ada seorang yang membantu untuk menganjung layangan tersebut, semakin jauh jarak anjungannya maka semakin mudah terbangnya.
* Untuk mengatur arah layangan adalah dengan melihat ujung hadapan kepala layangan, jika ia menghadap kekanan maka jika ditarik talinya layangan akan berbelok ke kanan, untuk menaikkan hingga tinggi maka tariklah tali sebanyak-banyaknya ketika kepala layangan menghadap keatas

Layang-layang hingga saat ini masih menjadi favorit, dan dibeberapa daerah bahkan sering diadakan perlombaan dengan model yang unik dan bermacam-macam. Tempat yang asyik untuk bermain layangan ialah di tepi pantai, tepi sungai, dan tanah lapang. Jangan bermain di tepi jalan dan menggunakan tali kawat, sangat berbahaya untuk pengendara motor dan tiang listrik.
Quote:
6. Permainan Lompat Tali Karet

Tali lompat dalam permainan ini dibuat dari karet getah yang di kepang hingga membentuk tali memanjang sekitar 2-3 meter. Minimal jumlah pemainnya adalah 3 orang, yaitu ada 2 orang yang saling berhadapan dan membentangkan tali karet tersebut dan yang satunya sebagai pelompats. Untuk menang dalam permainan ini pemain harus bisa melompat dan melewati setiap tahapan rintangan. Adapun beberapa tahap rintangan yang harus dilompat oleh pemain yaitu :

* Tinggi tali setinggi pinggang, kedua pemegang tali saling berdiri berhadapan dan meletakkan ujung tali ke pinggang masing2.. pelompat harus berhasil melompati tali ini, menyentuh tali diperbolehkan dalam setiap lompatannya
* Tinggi tali setinggi telinga, kedua pemegang tali saling berdiri berhadapan dan meletakkan ujung tali ke telinga masing2 dan pelompat harus bisa melewatinya
* Tinggi tali setinggi kepala/ubun-ubun, kedua pemegang tali saling berdiri berhadapan dan meletakkan ujung tali ke atas kepala masing2
* Tali setinggi tangan diatas kepala, didaerah saya ini disebut merdeka karena cara memegang talinya seperti pejuang yang mengobarkan kata Merdeka!! Ini adalah rintangan terakhir yang cukup sulit, karena pemegang tali membentangkan tali dengan tangan menunjuk keatas langit dan letak tali di ujung telunjuk tersebut.
* Setelah melewati semua rintangan selanjutnya pemain harus berhasil melakukan “Yeye”, saya tidak tahu apa arti Yeye ini.. yang jelas gerakannya yaitu dengan memutar-mutarkan kaki melewati tali karet dan menjejakkannya ketanah sebanyak 10 kali.. Bila berhasil semuanya maka dia yang menang
Quote:
7. Gasing

Spoiler for buka:


Permainan tradisional ini cukup terkenal dan mungkin masih ada hingga saat ini, permainan ini biasanya dimainkan oleh para remaja dan dewasa. Gasing terbuat dari kayu, dan bentuknya bermacam2 tetapi umumnya berbentuk bulat dengan ujung yang lancip.

Gasing dapat berputar dengan cepat dan dalam waktu yang lama, untuk memutarnya diperlukan tali yang cukup panjang. Caranya yaitu dengan meililitkan tali hingga membentuk lingkaran diatas sumbu gasing, kemudian gasing dilemparkan sambil menarik tali dengan cepat.

Permainan ini ditentukan dari gasing mana yang lebih lama berputar… adapula permainan adu gasing, yaitu dengan cara menghantamkan gasing milik kita ke gasing milik musuh. Bila gasing milik musuh terpelanting atau pecah maka kita menang dan akan ditantang oleh pemain berikutnya.
Quote:
8. Ketapel atau Terapel

Spoiler for buka:


Sebenarnya ketapel ini bukan permainan, tetapi anak-anak sewaktu saya kecil seringkali memiliki ketapel untuk bermain dan berburu burung. Permainan dengan ketapel ini adalah dengan lomba menembak sasaran seperti kaleng bekas atau buah.

Ketapel terbuat dari cabang pohon dan dipotong membentuk huruf “Y”, peluru ketapel dapat dengan menggunakan batu kerikil atau buah jambu yang masih kecil. Untuk pelontarnya digunakan karet getah yang di kepang dan diikat di masing2 cabang ketapel, batu yang menjadi peluru ditahan di sebuah lembaran karet atau bahan kulit.

Batang kayu yang sering digunakan untuk ketapel biasanya cabang pohon jambu biji, karena memiliki tekstur yang alot tetapi keras dan tidak mudah patah. Semakin besar cabang yang dijadikan ketapel maka power tembakannya juga semakin besar tetapi akurasi tembakannya menjadi berkurang. Bila cabang yang digunakan kecil, maka akurasi tembakannya cukup akurat dan mudah di bidik.. jadi biasanya anak2 suka membuat ketapel dengan cabang yang kecil.
Quote:
9. Yoyo

Spoiler for buka:


Yoyo adalah permainan yang sangat terkenal dan ada disetiap negara, asal mula permainan ini adalah dari Filiphina. Yoyo tradisional terbuat dari kayu berbentuk bulat dan dapat berputar dengan cepat. Untuk memutar Yoyo ini digunakan tali yang panjang dan dilekatkan di jari.

Pertama tali yoyo digulung hingga habis kemudian dilontarkan kebawah, gulungan tali membuat Yoyo berputar dengan cepat dan memantul kembali keatas karena adanya tolakan dari ujung tali yang terbuka setelah digulung. Untuk memainkan Yoyo ini diperlukan keahlian dan teknik khusus sehingga tidak semua bisa bermain Yoyo dengan baik.
Quote:

10. Aneka permainan senjata dari Boman


Boman adalah nama tanaman dengan batang yang keras kulitnya tetapi lembut isi dalamnya/kayunya. Boman berbentuk bulat panjang dengan kulit yang licin dan mengkilat berwarna hijau. Sayangnya saat ini tanaman Boman sudah susah dicari, dulu di hutan Kalimantan tempat saya masih banyak tanaman ini dan mudah dicari.

Batang Boman dapat dipotong2 dan diikat atau dipatahkan hingga membentuk senapan yang beraneka macam. Mulai dari pistol sampai jenis senapan Bren dapat dibentuk dengan Boman, tetapi tanaman ini tidak tahan lama karena 3 hari kemudian ia layu dan hancur.

Referensi:
kaskus

iklan

Blog Archive